Feb 4, 2014

MODERNISASI

  Konsep Modernisasi merupakan suatu proses yang ditandai oleh saling keterhubungan perubahan secara ekonomi, teknologi, industri, sosial, budaya dan politik. Masyarakat Modern dan maju yang dikontraskan dengan masyarakat tradisional yang terbelakang diatur berdasarkan nilai-nilai sekuler dan individualistik. Di dalam masyarakat modern orang akan dinilai, diberi penghargaan, diberi peran dan status tertentu menurut kecerdasan, gender atau usia. Kekuasaan di dalam masyarakat modern terlihat di jalankan melalui mesin-mesin admisnistrasi yang sejalan dengan aturan-aturan yang ada. Bersama dengan institusi-institusi sekuler seperti negara modern dan institusi-institusi resmi, prosedur-prosedur birokrasi harus menjamin bahwa masyarakat diperlakukan dengan adil.

   Singkatnya, moderinisasi biasanya dikaitkan dengan pembangunan dan industrialisasi kapitalis, penemuan teknologi, konsumerisme, ekonomi pasar dan pertumbuhan populasi. Modernisasi juga dikaitkan dengan peningkatan jenjang pendidikan, perluasan peran negara, kemunculan pluralisme politik, penghormatan terhadap kebebasan sipil, sebagai kebalikan dari bentuk-bentuk pemerintahan otoritarian.

   Teori Modernisasi telah disingkat baik berdasarkan klaim-klaim empiris dan teoritisnya yang cacat atau dengan alasan bahwa modernisasi, pada sisi paling baiknya, menggurui (patronizing) dan, sisi paling buruknya merupakan suatu pembenaran kuat bagi bentuk neo-imperialisme. Pertama, keritik utama terhadap teori moderenisasi yakni bahwa modernisasi belum berjalan, bahkan dalam masyarakat-masyarakat yang telah meakai nilai-nilai dan resep-resepnya. Kedua, dalam menyatakan bahwa mereka bisa menjadi seperti "kita", misalnya, orang miskin bisa menjadi seperti orang kaya, segera setelah itu modernisasi akan menganggap budaya, tradisi-tradisi dan sejarah-sejarah beberapa negara kurang berkembang sebagai suatu yang tidak berarti. 

Dikutip dari Kotak Konsep buku Hubungan Internasional, Perspektif dan Tema. Jill Stean & Lloyd Pettiford. 

No comments:

Post a Comment